Wednesday, August 1, 2018

Tips Jitu Menghadapi Emesis Ibu Hamil Mudah Dan Sederhana

Tips menghadapi emesis ibu hamil - Kehamilan adalah masa emas bagi seorang ibu, seorang ibu membutuhkan asupan nutrisi lebih.

Minimal 90 tablet FE (tablet tambah darah) harus dikonsumsi agar saat persalinan tidak kekurangan darah. Bila ibu mengkonsumsi tablet FE kurang dari 90 dikhawatirkan ibu akan mengalami anemia dan pingsan saat menghadapi persalinan.


emesis adalah keadaan mual muntah yang dirasakan ibu hamil


Selain tablet tambah darah, ibu juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang dikandung dengan mengkonsumsi sayur, buah serta makanan lain yang bergizi.


Baca : Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki Dan Perempuan Menurut Dokter Boyke

Sayangnya hal itu dapat terganggu oleh emesis gravidarum (mual dan muntah saat hamil), ada cara menghadapi emesis.


Emesis Tidak Selalu Dihadapi Ibu Hamil


Memang tidak semua ibu mengalami emesis terlebih saat usia kehamilan masih minggu awal. Kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah saat hamil, hal ini cukup mengganggu terlebih bila emesis tersebut terlalu berlebih atau dikenal dengan hiperemesis grafidarum.

Hiperemesis tidak baik untuk seorang ibu hamil, selain membuat lemas, dan sulit makan, keadaan ini dapat membuat ibu hamil kekurangan cairan karena sering muntah, dan harus mendapat perawatan intensif.

Ibu hamil harus menerima cairan infuse untuk memulihkan tenaga dan mendapatkan asupan nutrisi cairan.


Baca : Artikel Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Bila anda masih bisa menghadapi emesis, usahakan anda tetap memperhatikan asupan nutrisi. Bila rasa mual hilang sesaat manfaatkan waktu tersebut untuk makan.

Emesis terjadi karena hormone ibu hamil yang berlebih, sehingga menimbulkan perasaan mual dan ingin muntah.

Anda harus selalu ingat, bukan hanya anda saja yang membutuhkan nutris makanan namun janin yang ada di kandungan juga memerlukan asupan makanan untuk pertumbuhannya di dalam rahim.


Baca : Manfaat Buah Kulit Pisang Bagi Ibu Hamil-Untuk Diet & Kecantikan

4 Tips Ampuh Menghadapi Emesis Pada Ibu Hamil


1. Minum obat
Bila anda memeriksakan kehamilan secara rutin dan mengkonsultasikan masalah emesis, maka anda akan diberi obat mual oleh bidan atau medis yang menangani. Obat tersebut akan membantu anda menghadapi emesis.

Dan bila memang sedang menderita emesis, maka anda akan disarankan minum tablet FE saat akan tidur, karena tablet FE itu sendiri juga dapat memicu mual

2. Minum air hangat
Air hangat rupanya bisa menghilangkan rasa mual untuk sementara waktu, anda dapat memanfaatkan keadaan tersebut untuk makan sebelum mual tersebut datang kembali.


Baca : 4 Manfaat Utama Mengkonsumsi Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Minum air hangat adalah salah satu cara menghadapi emesis. Namun ada sebagian orang yang bisa mencegah mual datang kembali dengan teh tawar hangat. Andapun bisa mencoba keduanya, namun sayangnya air hangat hanya dapat menghilangkan mual sementara waktu saja, tidak seutuhnya mengatasi emesis

3. Makan sedikit namun sering
Merasa mual dan muntah tak lantas anda harus menyerah dengan keadaan dan malas makan. Tindakan tidak makan hanya akan memperburuk keadaan, anda dapat mencoba makan sedikit namun sering.

Tidak harus makan dengan porsi normal, anda dapat mencoba makan dengan porsi sedikit namun menyeringkan jam makan. Karena emesis tersebut tidak selalu datang, maka manfaatkan jeda tersebut untuk makan.


Baca : Manfaat Kulit, Biji Dan Buah Delima Untuk Kesuburan Ibu Hamil

Bila emesis anda sudah sangat berlebih maka segeralah ke puskesmas atau klinik terdekat karena disaat itulah emesis anda sudah menjadi hiperemesis, dan anda harus mendapat penanganan khusus

4. Makan biskuit
Tips menghadapi emesis ibu hamil yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi biskuit. Menghadapi emesis yang mengganggu terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi memang harus dihadapi dengan cara yang tepat.


Baca : Rahim Kandungan Turun Setelah Melahirkan Berbahayakah, Apakah Wanita Masih Bisa Hamil?

Bila anda sama sekali tidak bisa makan nasi, maka beralihlah ke biskuit. Mengkonsumsi biskuit tidak akan membuat anda mual, dan biskuit dapat membuat anda merasa kenyang terutama biskuit gandum, maka cobalah menghadapi emesis dengan biskuit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Jitu Menghadapi Emesis Ibu Hamil Mudah Dan Sederhana

Note : jika terjadi kerusakan pada template maka hilangkan kode